Dapat Penghargaan Komnas Anak Award 2018, Nette Boy : Bukan Akhir Prestasi dan Inovasi

0
59

Berita Publik .Info  (jakarta)    Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete kembali mengharumkan nama institusi Polri dengan menerima penghargaan Komnas Anak Award 2018.

Penghargaan itu diberikan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak RI kepada Kapolres Banjar karena telah peduli terhadap anak, dengan menjadi pelopor Polres Ramah Anak di Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI Yohana Susana Yembise memberikan secara langsung penghargaan Komnas Anak Award 2018 kepada Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Minggu (18/11).

Selain Kapolres Banjar, dalam kesempatan itu, Menteri P3A Yohana S Yembise juga menyerahkan award kepada Kapolres Konawe Selatan, Kapolres Tanah Datar, Bupati Gianyar, Ketua Forum Anak Mahasatu, Kepala Perpustakaan Nasional, perwakilan Dinas PPA Maluku Utara, tokoh anak Lampung, Direktur SDM Askrindo, dan Walikota Administrasi Jakarta Barat.

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete mengatakan, reward dari Komnas Anak ini bukan akhir dari prestasi dan inovasi yang dia lakukan.

Takdir mengungkapkan bahwa reward ini menjadi awal untuk lebih berbuat dan memberikan yang terbaik untuk Polri dan untuk anak-anak Indonesia.

“Penghargaan yang didapat ini menjadi kebanggan tersendiri. Apa yang sudah dilakukan adalah tugas dan kecintaan kepada anak-anak, dan dengan adanya support dari Komnas Perlindungan Anak ini, maka kami semakin termotivasi dan berharap bisa menjadi percontohan bagi Polres lainnya,” kata Kapolres Banjar yang akrab disapa Nette Boy itu.

Nette Boy mengaku jika penghargaan tersebut tidaklah didapat dengan cara instan.

Sebelumnya, Ketua Komnas Perlindungan Anak RI, Arist Merdeka Sirait lebih dulu melakukan peninjauan-penjauan dan melakukan penilaian di Polres Banjar pada awal Oktober 2018 lalu.

Pada saat itu, puluhan anak yang tergabung dalam Program Kabinaktar (Kami Bina Anak Menjadi Pintar) menyambut gembira kedatangan Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait di Mapolres Banjar.

Ketika berada di Polres Banjar, Arist Merdeka Sirait mengatakan, kedatangannya ke Polres Banjar dalam rangka mendorong semua pihak, agar peduli dengan anak-anak baik secara individu atau berkelompok.

Melihat dedikasi Polres Banjar dalam memberikan perlindungan terhadap anak, serta menjadi pelopor Polres yang peduli terhadap anak, tentunya ini bisa dijadikan pilot project bagi polres lainnya, sebagai Polres Ramah Anak.

“Maka tidak salah jika Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete menjadi nominator penerima penghargaan di malam penganugerahan Komnas Anak Award 2018, bertepatan dengan 20 tahun kiprah Komnas Perlindungan Anak. Penganugerahan tersebut diberikan atas dedikasinya membuat anak-anak senang kepada Polisi,” kata Arist Merdeka Sirait.

Arist mengaku, sesampainya di Polres Banjar, dirinya melihat pemandangan yang luar biasa dan merasa terharu karena melihat di lapangan Mapolres Banjar dipenuhi anak-anak, beda dengan lapangan-lapangan Polres lainnya yang tertutup.

“Hal ini membuat anak menyenangi polisi, melalui program-programnya seperti polisi anak, program Kabinaktar yang merupakan singkatan dari Kami Bina Anak Menjadi Pintar,” jelas Arist.

Dirinya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas program Polres Banjar yakni sehari tanpa gadget.

Kegiatan itu hasi kerjasama Polres Banjar dengan salah satu hotel dengan menggelar kemah ceria, dimana anak-anak tidak diperkenankan membawa gadget.

“Inilah bentuk nyata membendung tsunami teknologi,” kata Arist.     (Hery Setia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here