Dirjen KSDAE Wiratno Diusulkan Jabat Menteri LHK di Pemerintahan Mendatang

0
49
Singky Soewadji (kiri) bersama Saleh Ismail Mukadar terlihat asyik berdiskusi di sebuah kedai kopi kawasan Mulyorejo Surabaya, selasa (16/04).

Berita Publik .Info  (Surabaya) – Ada yang menarik sewaktu pemerhati satwa liar Singky Soewadji bertemu secara tidak sengaja dengan politisi senior PDIP Saleh Mukadar di sebuah kedai kopi kawasan Mulyorejo Surabaya, Selasa (16/04) sekitar pukul 21.30 WIB. Pasalnya pertemuan yang terjadi hanya selang sehari sebelum pemilu pilpres dan pileg itu akhirnya menjadi sebuah diskusi yang tidak membahas tema siapa Presiden RI mendatang, melainkan siapa figur yang pantas menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di pemerintahan mendatang.

Kedua tokoh beda bidang ini ternyata sama-sama tidak puas dengan kinerja dan dan kebijakan Siti Nurbaya Menteri KLHK era Jokowi – Jusuf Kalla yang masih menjabat sampai saat ini. Saleh Mukadar mengaku kecewa berat, sebab program pemerintahan Jokowi yang ia nilai sangat bagus yaitu Perhutanan Sosial ternyata tidak merata dan diskriminasi.

“Ini publik dan presiden mendatang  harus mengetahui. Selama ini masyarakat yang menerima program Perhutanan Sosial mayoritas kader dari partai Siti Nurbaya berasal. Tentu harapan bapak Jokowi agar program Perhutanan Sosial dapat dinikmati masyarakat secara merata tanpa memandang SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan) tidak tercapai,” beber Saleh Mukadar.

Lain halnya curahan hati Singky Soewadji mengenai sepak terjang Siti Nurbaya selama hampir 5 tahun ini. Pria yang juga berpengalaman sebagai pegiat konservasi ini menyesalkan semakin rusaknya habitat dan menurunnya populasi satwa liar akibat alih fungsi lahan semakin merajalela. Selain itu yang membuat Singky Soewadji sakit hati ketika ada kejadian satwa liar yang menjadi korban perburuan liar atau konflik dengan manusia, tidak ada rasa empati Siti Nurbaya yang ditunjukkan ke publik menyikapi kejadian tersebut.

Setelah membahas banyak figur dari berbagai aspek serta sudut pandang, akhirnya Singky Soewadji dan Saleh Mukadar sepakat mengusulkan nama Ir Wiratno yang sekarang menjabat Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) sebagai Menteri LHK di pemerintahan mendatang, siapapun presiden yang terpilih.

“Saya dan bang Saleh bertekad mengusung Ir Wiratno sebagai Menteri LHK sebab yang bersangkutan berasal dari profesional dan bukan kader partai politik manapun. Sehingga diharapkan kinerja dan kebijakan KLHK mendatang betul-betul profesional dan berkeadilan, tidak sarat kepentingan dari partai politik. Kemudian bapak Wiratno sampai sekarang dikenal bersih dan lurus, tidak sedang tersangkut kasus korupsi atau perbuatan tercela,” pungkas Singky Soewadji. (Yudha).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here