LINE DEVELOPER DAY 2018 Soroti ‘Next LINE’

0
64

Berita Publik .Info  (TOKYO) – LINE Corporation menyelenggarakan LINE Developer Day 2018 pada 21 November lalu dengan menyoroti perkembangan teknis LINE selama beberapa tahun ke belakang, rencana perusahaan di masa depan, dan sejumlah topik menarik lain yang berkaitan dengan engineering dari LINE.

LINE telah menyelenggarakan LINE Developer Day, konferensi teknologi miliknya sejak 2015 lalu dan rutin diadakan secara tahunan. Tahun ini, LINE Developer Day 2018 dilaksanakan di Happo-en, Tokyo, dengan menawarkan 60 sesi di bawah tema “Next LINE”. Pada ajang ini, lebih dari 1000 engineers yang berasal dari dalam dan luar Jepang, mempelajari tentang upaya LINE dalam mengembangkan bidang-bidang teknologi baru dan visi dari LINE untuk masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LINE Developer Day 2018, kunjungi situs resmi kami di: linedevday.linecorp.com/jp/2018/en/

Sesi Pembukaan LINE Developer Day 2018

Pada sesi pembukaan, CTO Park Eui-vin menekankan dua istilah kunci – “Connect” dan “Mutually Beneficial Ecosystem” – sebagai nilai-nilai yang ingin dicapai oleh LINE melalui pengimplementasian Next LINE. Sebagai tambahan, pada sesi pembukaan ini ia juga menekankan upaya LINE dalam mengembangkan AI danblockchain. Selain itu, setiap kepala dari masing-masing layanan memperkenalkan beragam layanan fintech lain yang sudah disematkan ke dalam platform LINE.

Nilai-nilai yang dipromosikan melalui Next LINE

Connect: Nilai ini merujuk pada tujuan untuk memperkaya ragam kehidupan pengguna dengan memperluas cara teknologi berinteraksi dengan manusia – tidak hanya menggunakan layanan-layanan daring, konten, dan informasi, tetapi juga melalui beragam perangkat yang bisa digunakan di dunia nyata, seperti pengeras suara danautomobiles.

Mutually Beneficial Ecosystem: Nilai ini merujuk pada tujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem yang bisa menguntungkan para pengembang, pengguna, dan LINE. Tidak hanya tentang menghasilkan keuntungan melalui APIs, tetapi juga membuat sistem di mana nilai dan manfaat dari beragam layanan yang disediakan oleh para pengembang dapat dikembalikan kepada para pengguna.

Menggunakan teknologi AI untuk bisnis B2B

Dalam acara tersebut, LINE pun mengumumkan Clova AI Tech Demo, sebuah situs yang memperkenalkan teknologi AI dari LINE, seperti OCR dan NLU (Pemahaman Bahasa Alami). Sementara pada sesi Chatbot Engine, para pembicara menjelaskan cara untuk mengintegrasikan teknologi NLU untuk teks dan antarmuka suara yang saat ini belum tersedia di dalam LINE Messaging API. Pada sesi ini juga dijelaskan bagaimana OCR bisa mengenali sejumlah karakter di dalam gambar, kemudian mengopi dan menyalin, serta menerjemahkan teks tersebut (saat ini layanan ini baru tersedia di LINE versi desktop). Setelah 2019, LINE akan mengembangkan bisnis B2B dengan menyediakan teknologi AI dan lebih banyak lagi teknologi lain kepada para pengembang dan pebisnis pihak luar.

Clova AI Tech Demo

LINE memperkenalkan situs Clova AI Tech Demo yang menampilkan teknologi AI yang bisa bermanfaat bagi para pengembang dan pebisnis pihak luar. Sebagai contoh, Clova Video Highlight dapat digunakan untuk memilih dan menyunting karakter-karakter tertentu yang muncul di sebuah gambar, sementara Clova Chatbot Builder memungkinkan pengembang untuk menciptakan mesin percakapan ampuh secara sederhana.

● Website: dev.clova.ai/techdemo/

● Inquiry:  line.ai@linecorp.com

Menjelaskan jaringan blockchain dari LINE, LINK Chain

Proyek besar lain yang menjadi sorotan pada LINE Developer Day adalah ekosistem token digital dari LINE dan jaringan blockchain bernama LINK Chain. Sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk mengembangkan ekosistem miliknya, LINE dijadwalkan untuk membuka LINK Chain untuk para partner dan pengembang luar setelah musim semi 2019. Hal ini memungkinkan partner dan pengembang luar dari LINE untuk menyediakan aplikasi yang terdesentralisasi (dApps) di dalam platform LINK Chain.

Layanan terkait teknologi keuangan (fintech)

Ragam layanan teknologi keuangan (fintech) diluncurkan tahun ini, termasuk token digital milik LINE, BITBOX; LINE Insurance, LINE Smart Investment, dan LINE Household Account, yang dirilis pada musim gugur; LINE Wallet, layanan keuangan berupa dompet digital; My Card, fitur terbaru dari LINE Wallet yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jarak tempuh dan keanggotaan kartu miliknya. Sebagai tambahan, LINE juga memperkenalkan LINE Pay for ID Payment, sebuah fitur LINE Pay yang saat ini tengah dikembangkan. (mel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here